VISI PRODI TIN : Menjadi Program Studi Teknik Industri yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan berbasis ipteks, dan berjiwa kewirausahaan di tingkat Jawa Tengah pada tahun 2024.

MAKRAB PRODI TEKNIK INDUSTRI 2019, AJANG KEKOMPAKAN ANTAR MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI USAHID SOLO

Mahasiswa Teknik Industri Usahid Solo telah melaksanakan kegiatan Makrab yang bertempat di Villa Yanti Tawangmanggu, Karanganyar pada tanggal 12-13 Oktober 2019. Makrab (Malam Keakraban) merupakan acara yang selalu dilaksanakan  di Prodi Teknik Industri Usahid Solo dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Biasanya, malam keakraban yang diselenggarakan memakan waktu selama kurang lebih  dua hari satu malam dengan agenda acara yang mendidik sekaligus menghibur.

Tujuan diselenggarakan Makrab ini yaitu untuk menghindarkan adanya sikap individualisme yang dapat menimbulkan perselisihan antar mahasiswa dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa solidaritas, disiplin serta tanggung jawab pada aktivitas sehari-hari, utamanya dalam lingkungan perkuliahan. Penyelenggaran acara Makrab Teknik Industri 2019 diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan meningkatkan hubungan positif antarmahasiswa maupun antarangkatan mahasiswa Teknik Industri. Serta dengan adanya acara yang bisa rutin diselenggarakan setiap tahun ini menjadi sarana awal perkenalan para mahasiswa baru dengan lingkungan dan budaya yang telah ada di Prodi Teknik Industri Usahid Solo.

 

Sikap individualisme tersebut membuat mahasiswa kesulitan dalam berkomunikasi dan bekerjasama. Sedangkan, komunikasi dan kerjasama adalah softskill yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa. Namun, dalam menjalin keakraban antarmahasiswa bukan hal mudah untuk dilakukan. Maka perlu adanya cara dan upaya agar keakraban ini dapat tercipta yaitu dengan kegiatan Malam Keakraban. Demi terciptanya sikap tersebut, maka kegiatan ini difokuskan pada acara materi dan outbound yang dapat melatih kerjasama dalam kelompok sehingga mahasiswa baru dapat mengenal kakak tingkatnya dan untuk mahasiswa terdahulu menjadi lebih akrab dari sebelumnya. Dalam acara ini diselenggarakan juga tes minat yg dipandu oleh dosen Prodi Psikologi Usahid Solo sehingga dapat diketahui minat para mahasiswa. Hasil tes ini juga dapat digunakan dalam mengarahkan mahasiswa dalam meraih sill yang diinginkan sehingga dapat bermanfaat dalam dunia kerja.

 

Makrab Prodi Teknik Industri 2019 ini juga dihadiri oleh Prodi Teknik Industri dari kampus lain antara lain dari Univet Sukoharjo, UMS, USB dan UMK. Mereka tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI) Korwil Jawa Tengah. IMTI Korwil Jateng memotivasi adik adik mahasiswa baru yang tergabung dalam himpunan mahasiswa teknik Industri (Himatin) Usahid Solo untuk lebih maju dan berkembang dari tahun tahun sebelumnya.