VISI PRODI TIN : Menjadi Program Studi Teknik Industri yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan berbasis ipteks, dan berjiwa kewirausahaan di tingkat Jawa Tengah pada tahun 2024.

Profil

Seiring dengan perkembangan ekonomi dunia, pertumbuhan industri di beberapa negara semakin pesat, termasuk di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, industri dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga pengembangan industri-industri baru seringkali menjadi prioritas.

Secara umum, keilmuan Teknik Industri fokus pada design (merancang), install (memasang), dan improve (memperbaiki) suatu sistem yang mengintegrasikan manusia, material/bahan baku, alat, dan energi untuk meningkatkan efisiensi.

Tidak seperti kajian bidang keilmuan teknik yang lain, teknik industri mencakup bidang keilmuan teknik yang luas. Jika Teknik Mesin hanya membahas tentang mesin, Teknik Kimia membahas tentang proses kimia teknik, teknik arsitektur membahas bentuk bangunan, Teknik Industri memikirkan seluruh proses yang terkait dengan ilmu teknik untuk mencari cara yang lebih efektif dan efisien. Teknik Industri memberikan bekal ilmu yang luas sehingga bidang pekerjaan yang dapat diperoleh juga lebih banyak.

Seiring perkembangan keilmuan teknik industri, lulusan teknik indutri tidak hanya dibutuhkan dalam indutri manufaktur tetapi juga meluas pada industri jasa, seperti Rumah Sakit